Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 PENYEBAB KARTU SIM DI BLOKIR DAN CARA MENGATASINYA

     


Sebagian orang mungkin sudah terbiasa dengan adanya masalah kartu SIM terblokir,tapi bisa jadi hal ini merupakan masalah besar bagi sebagian orang lagi yang mengalami No nya terblokir,bahkan mungkin sampai merasa kepanikan atau kebingungan saat mengetahui No nya terblokir,dan ini adalah hal yang sangat wajar.Karena tidak semua orang mengerti tentang hal-hal yang berhubungan dengan teknologi komunikasi. Nah dalam artikel ini akan di jelaskan,penyebab-penyebab terblokirnya kartu SIM serta cara mengatasinya.

Terjadinya kartu sim terblokir biasanya di sebabkan oleh beberapa factor atau ada penyebab-penyebab tertentu yang membuat kartu sim anda terblokir.Dan tidak semua kartu sim terblokir itu suda tidak dapat di gunakan lagi,Masih ad acara-cara yang dapat menggaktifkan kembali kartu sim yang sudah terblokir.dengan catatan masa terblokir kartu sim anda masih di bawah 15 hari dari hari pertama anda mendapatkan pemberitahuan sms bahwa kartu sim anda terblokir,tapi jika sudah lebih 15 hari dari waktu pemberitahuan maka otomatis kartu sim anda sudah tidak dapat di aktifkan kembali.

Untuk mengaktifkan kembali kartu SIM yang terblokir sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu,apa penyebab kartu SIM anda diblokir dengan mengenali ciri-cirinya.


Berikut ini adalah penyebab dan ciri-ciri kartu SIM terblokir.

Lihat Juga:Cara mengubah font tulisan di Whatsapp

1.Tdak melakukan registrasi

Registrasi sangat di wajibkan sebelum menggunakan kartu SIM,jika tidak melakukan registrasi maka kartu SIM anda akan langsung di blokir. Ciri-ciri kartu SIM di blokir karena belum melakukan registrasi adalah,sinyal masih ada,dan saat anda melakukan panggilan, secara otomatis akan ada keterangan sebagai berikut ," No anda sedang di blokir segera lakukan registrasi ” . Nah sebaiknya untuk mengaktifkan kembali kartu SIM anda segera lakukan registrasi.Saat melakukan registrasi jangan lupa untuk memasukkan NO NIK DAN NO KK.


2.Salah memasukkan pin

Biasanya sebagian orang menggunakan PIN untuk menjaga keamanan kartu,akan tetapi hal ini akan menimbulkan masalah jika terjadi kesalahan dalam memasukkan PIN atau lupa PIN nya.Sebab 3 kali berturut –turut salah memasukkan PIN maka secara otomatis kartu SIM anda akan di blokir,otomatis anda tidak dapat melakukan panggilan atau mengirim SMS.Untuk mengatsinya sebenarnya sangatlah mudah,anda hanya memerlukan NO atau Kode PUK yang terdapat pada bungkus kartu SIM anda,itupun kalau anda masih menyimpannya,jika tidak maka anda harus mendatangi pusat layanan operator seluler.

Lihat Juga:Cara membuat tulisan berwarna di Whatsapp


3.Terblokir karena No hangus 

Penyebab kartu SIM terblokir selanjutnya adalah karena No nya sudah hangus yang di sebabkan terlalu lama tidak di isi pulsa,dan sudah melewati masa tenggang.Ciri-cirinya adalah masih memiliki sinyal,masih bisa di telfon tapi tidak dapat melakukan panggilan keluar dan tidak dapat melakukan pengisian pulsa. Maka cara mengaktifkannya kembali adalah segerala datang ke pusat layanan operator seluler dengan membawa KTP dan tidak lupa juga membawa  uang ,karena ada sedikit biaya yang harus di bayar.

Lihat Juga:Cara daftar M-banking BRI lewat HP

4.Kartu chipnya rusak

Selanjutnya adalah karena kartu chipnya rusak,biasanya hal ini di tandai dengan tidak adanya sinyal,tidak ada jaringan internet,tapi No nya masih bisa di isi pulsa.Artinya No nya masih dalam masa aktif, hanya saja tidak ada sinyal karena kartu chipnya yang rusak.Cara mengatasinya adalah,dengan mendatangi pusat layanan operator seluler dengan membawa KTP,lalu minta kartu chip yang baru dengan No yang sama.

Itulah beberapa penyebab terjadinya kartu SIM anda terblokir,dan juga cara mengatasinya agar No anda dapat aktif kembali.