Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INI DIA RAHASIA JERNIHKAN MINYAK BEKAS YANG KOTOR DENGAN 5 BAHAN SAJA

       


Sama halnya dengan kebutuhan pokok lainnya minyak juga tidak boleh ketinggalan di beli,karena minyak juga termasuk salah satu bahan utama dalam membuat sebuah masakan.Dan minyak juga merupakan salah satu bahan pokok yang sedikit terbilang boros pemakaiannya,karena minyak sendiri tidak dapat di pakai sampai berulang kali.Paling tidak hanya dapat digunakan 1-2 kali saja kemudian minyak akan langsung berubah menjadi kotor dan sedikit keruh.Biasanya kebanyakan orang langsung membuang minyak bekas tersebut,dan langsung membeli yang baru lagi. Apakah anda sering membuang minyak bekas anda dirumah?

Sebenarnya minyak bekas yang sudah kotor atau keruh sekalipun,jangan terburu-buru untuk di buang,karena sesungguhnya minyak bekas tersebut masih bisa di gunakan dengan cara di jernihkan terlebih dahulu.Dan cara ini tentunya akan membuat anda sedikit berhemat.Penasaran? simak terus sampai habis ya. Berikut cara menjernihkan minyak bekas yang sudah kotor atau keruh.





1  .Gunakan Tisu

Cara pertama untuk menjernihkan minyak bekas adalah dengan menggunakan tisu yang ada dirumah anda.Caranya adalah,letakkan tisu di atas sarigan kemudian tuangkan minyak bekas yang sudah kotor ke atas saringan yang sudah ada tisunya.




2.  Arang

Arang bukan hanya  dapat digunakan untuk bakar membakar ya,tapi juga ampuh membuat minyak bekas atau minyak jelanta menjadi jernih kembali dan dapat digunakan lagi.adapun caranya sebagai berikut, haluskan arang sampai benar-benar menjadi bubuk,lalu masukkan kedalam minyak yang ditempatkan diwadah,lalu aduk arang sampai tercampur dengan minyak kemudian biarkan mengendap,jika sudak jernih langsung saring.


Baca Juga:Kesalahan Yang Dapat Mengakibatkan


3.   Kulit Pisang

Berikutnya adalah dengan menggunakan kulit pisang,ternyata tidak hanyak buahnya saja yang memiliki banyak manfaat,tapi kulitnya juga memiliki manfaat. Caranya adalah blender kulit pisang sampai halus,jika sudah halus ambil lalu letakkan di atas saringan kemudian tuang minyak bekas di atas saringan yang sudah ada kulit pisang yang sudah dihaluskan.




4.  Nasi

Kemudian cara berikutnya menggunakan nasi,bukan hanya mengenyangkan perut saja,tapi nasi juga bisa digunakan untuk menjernihkan minyak bekas yang kotor.Caranya adalah ambil nasi 2 sendok makan lalu bagi 2 kemudian  bentuk bulat nasi seperti pentol bakso,lalu masukan ke dalam minyak yang panas,lalu guling-gulingkan atau bolak-balik nasinya,sampai semua kotoran yang ada pada minyak menempel ke nasi.Lalu angkat dan buang nasi.




Baca Juga: Penyebab gagal diet

Baca Juga: Menu makan khas indonesia yang cocok untuk diet

5.  Serai

Selanjutnya adalah serai,jika pada umumnya serai di campurkan ke dalam masakan.Tapi kali ini serai akan di campurkan ke dalam minyak bekas yang sudah di jernihkan dengan salah satu cara di atas tadi,gunanya untuk menghilangkan bau tak sedap yang ada pada minyak bekas.Karna biasanya minyak bekas tidak hanya kotor saja tapi juga memiliki bau tak sedap.Oleh karena itu campurkan serai yang sudah di geprek ke dalam minyak bekas yang sudah dijernihkan tadi,lalu panaskan minyak namun jangan sampai terlalu panas banget cukup sekedar panas saja,lalu matikan kompor,biarkan serai terendam di dalam minyak selama 2-3 jam,setelah itu angkat serai lalu buang.

Nah,itulah bebrapa cara untuk menjernihkan kembali dan menghilangkan bau tak sedap yang terdapat pada minyak bekas.Semoga bermanfaat,dan selamat mencoba !