Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIDAK SEMBARANGAN! INIDIA PERSIAPAN MENDAKI GUNUNG BAGI PEMULA

 


Kegiatan mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang menarik dan banyak diminati oleh orang-orang yang menyukai tantangan. Di masa kini banyak anak-anak muda  yang memulai menekuni hobi naik gunung ini. Perlu anda ketahui ada beberapa persiapan bagi Anda yang baru memulai untuk mendaki gunung. Hal ini dipersiapkan untuk menjamin keselamatan dan keamanan anda selama mendaki gunung. 

Kegiatan yang satu ini dapat memberikan efek meredakan stres dan juga relaksasi sehingga ketika anda melakukan kegiatan ini anda menjadi lebih bahagia dampak positif akan dapat anda alami. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebagai pendaki gunung.

Baca Juga: Barang Yang Wajib Di bawa Ketika Berkema


1. Menentukan lokasi dan level mendaki

Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua jalur hiking itu sama. Jika anda pemula untuk mendaki gunung Anda disarankan untuk tidak langsung menjelajahi lokasi yang cukup sulit. Anda perlu memilih jalur lokasi pendakian anda sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Kenali dahulu jalur pendakian yang akan anda jelajahi dan anda juga perlu untuk membaca ulasan pendakian serta bertanya kepada orang yang lebih mengetahui hal ini.Anda juga disarankan untuk mempertimbangkan waktu yang anda butuhkan untuk mendaki dan berlatih. 


2. Cek cuaca dan lokasi

Selanjutnya anda perlu mengetahui bagaimana cuaca dari lokasi pendakian anda sehingga anda bisa mempersiapkan dan juga mungkin mengubah rencana jika diperlukan. Untuk memeriksa cuaca anda bisa memeriksa di ramalan cuaca atau juga bertanya kepada penjaga yang ada di pos pendakian atau pengawas lokasi di daerah tersebut. Anda perlu memperhatikan apakah akan ada hujan, kabut tebal ,atau juga siaga letusan. Perlu Anda ketahui bahwa di Indonesia ada beberapa gunung berapi yang masih aktif. Hal ini dilakukan agar meminimalisir resiko buruk akibat cuaca dan juga resiko buruk lainnya. Jika cuaca buruk risiko yang akan didapati akan berdampak fatal mulai dari hipotermia hingga tersesat. 


Baca Juga:Gunu Dengan Pemandangan Terbaik Di dunia

3. Mengabari orang tua atau saudara

Saat ingin melakukan perjalanan pendakian anda sebaiknya mengabari keluarga atau teman yang ada di rumah. Informasi yang Anda berikan adalah berupa berapa lama , kapan Anda berangkat, dan siapa saja yang ikut dengan Anda saat mendaki dan juga sebaiknya anda memberitahu lokasi di mana anda mendaki. hal ini penting untuk dilakukan untuk mengantisipasi jika mungkin ada sesuatu yang terjadi di dalam perjalanan anda, luangkanlah waktu untuk memberitahu rincian rencana perjalanan anda sebelum berangkat. 

Baca Juga:Tempat Wisata Pling Hits Di toraja

4. Persiapan Fisik

Saat mendaki gunung Anda membutuhkan fisik yang prima. Hal ini dikarenakan tubuh dapat membakar energi yang cukup besar saat mendaki gunung. kegiatan yang satu ini juga mempunyai risiko kesehatan yang  harus anda waspadai yaitu mulai dari mountain sickness, hipotermia dan juga edema paru. Anda juga perlu membangun keseimbangan, kekuatan otot kaki dan juga fleksibilitas tubuh anda agar dapat melewati jalur pendakian. Kegiatan ini juga dapat bermanfaat menguatkan otot bahu dan juga punggung karena selama perjalanan membawa tas gunung yang beratnya bisa mencapai 18 kg. 


5. Membawa peralatan yang perlu saja

Saat mendaki gunung anda perlu membawa peralatan tidak peduli waktu lokasi tingkat kesulitan belajar anda. Peralatan tersebut meliputi..

Kompas, peta, atau GPS

Filter air

Kabel nilon 

pisau serbaguna 

kotak P3K 

kacamata hitam 

korek api senter

lotion anti serangga 

cadangan makanan 

pakaian cadangan 

tempat berlindung atau tenda 

alas kaki yang tepat untuk mendaki 

identitas diri 

radio dua arah atau ponsel 

Untuk anda pendaki pemula ada baiknya anda bisa konsultasi kan persiapan apa saja yang anda harus bawa ke teman - teman atau saudara anda yang sudah terbiasa mendaki gunung. 


6. Memperhatikan asupan makanan sebelum mendaki

Saat memulai untuk mendaki gunung anda harus memperhatikan asupan makanan yang anda makan. Selama 2 hari sebelum pendakian anda harus memperhatikan asupan makanan karena akan berperan besar untuk perjalanan anda selanjutnya. Asupan makanan tentu akan sangat berperan sangat besar saat perjalanan anda, ini juga bisa sekaligus mencegah kemungkinan akan cedera. Kate scarlata, seorang ahli diet mengatakan bahwa makanan untuk persiapan mendaki gunung harus mengandung tinggi protein dan juga karbohidrat. Contohnya seperti toping telur rebus dan juga campuran yoghurt atau bisa juga seporsi nasi putih hangat dengan lauk daging atau sayuran sesuai dengan pilihan anda. Selain itu minumlah cairan minimal 2 liter (jus,air, minuman olahraga) sebelum memulai pendakian.

 

Itulah Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan pendakian. Anda harus dengan teliti memperhatikan persiapan apa saja yang perlu Anda lakukan dan persiapkan untuk melakukan perjalanan pendakian. Hal ini akan menentukan kegagalan atau kesuksesan dari pendakian anda. Jadi persiapan harus dilakukan secara matang. Semoga bermanfaat!