Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 CARA MENDAPATKAN MODAL USAHA UNTUK PEMULA

 

Di masa ini banyak sekali orang yang sukses dikarenakan bisnis usaha sendiri. Tidak heran jika setiap orang selalu menginginkan memiliki usaha. Salah satu jenis usaha yang banyak diminati oleh orang-orang adalah usaha rumahan. Akan tetapi masih banyak orang yang memiliki keraguan untuk menjalankan bisnis ini karena tidak mempunyai modal yang cukup. Memang membangun bisnis dibutuhkan tekad dan juga modal yang cukup untuk memulai usaha.

Pada umumnya ketika berbicara tentang modal orang-orang pasti akan berfikir harus memiliki uang yang banyak dan berkata "Saya tidak mempunyai uang yang cukup untuk modal" dan  biasanya seseorang akan melakukan pinjaman ke bank. Akan tetapi perlu anda ketahui di sini ada beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan modal selain dari bank.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan modal usaha

Baca Juga: Cara cepat dan muda daftar M-banking lewat HP
1.Menjual aset pribadi

Cara yang pertama yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan menjual aset pribadi. Dengan cara yang satu ini anda bisa menjual aset pribadi contohnya seperti mobil, rumah, gadget dan lain-lain. Selain itu anda juga bisa menggunakan barang-barang elektronik yang tidak terpakai untuk dijual dan mendapatkan modal usaha. Akan tetapi dengan cara ini anda harus mempunyai kerelaan hati dan juga keyakinan bahwa aset tersebut tidak akan berakhir sia-sia.
 

2.Memakai tabungan sendiri

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan menabung sendiri dan mengambil tabungan sendiri. Banyak orang yang mempunyai keraguan untuk menjalankan bisnis mereka karena tidak mempunyai modal yang cukup untuk menjalankan bisnis. Akan tetapi memulai bisnis tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Salah satunya yang anda bisa lakukan adalah dengan mengambil uang tabungan sendiri. Akan tetapi anda bisa memulai untuk mengumpulkan usaha dengan cara menabung ini dengan menyiapkan rekening yang khusus anda gunakan untuk menabung modal usaha. Hal ini anda lakukan untuk mencegah anda tergiur menggunakan uang modal usaha dan justru dapat mengurangi jumlah modal yang anda inginkan.

3.Menggadaikan aset pribadi

 Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan menggadaikan aset pribadi. Anda perlu untuk ikhlas menjual aset pribadi anda dan bisa menggadaikan di pegadaian. Contohnya seperti surat berharga seperti BPKB ataupun barang-barang yang berharga lainnya. Akan tetapi ada juga keuntungan dari menggadaikan aset pribadi, contohnya seperti dengan bunga yang dibayarkan lebih kecil, pencairan modal usaha yang cukup cepat, dan jika anda memiliki dana anda bisa menembus aset yang anda gadaikan tersebut.

4.Patungan bersama rekan

Selanjutnya cara yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan patungan bersama. Jika anda merasa belum memiliki cukup modal anda bisa menggunakan usaha bersama teman atau keluarga. Disini anda bisa mengajak mereka untuk berpatungan untuk mendapatkan modal dan merintis usaha bersama. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membangun usaha bersama. Anda harus menjalankan secara maksimal dan menghindari rumitnya proses dalam komunikasi dan pembagian keuntungan, anda juga perlu mendapatkan partner usaha yang memiliki visi yang sama, dan anda juga perlu membuat perjanjian kerjasama di atas kertas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itu dia beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan modal di dalam membuka usaha. Dengan cara di atas anda bisa menjalankan usaha anda. Tentunya harus diikuti dengan usaha yang secara maksimal saat menjalankan usaha anda untuk mengembalikan modal. Semoga bermanfaat!!