Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 CARA AMAN DAN SEHAT MINUM KOPI SAAT BULAN RAMADHAN

 



Kegiatan minum kopi tidak akan perna bisa di hentikan bagi pecinta kopi,baik itu di hari biasa ataupun pada saat bulan suci Ramadhan tiba,karena pecandu kopi akan merasa ada yang kurang jika tidak meneguk secangkir dalam setiap harinya.

Banyak orang yang berpendapat bahwa selama bulan ramadhan kegitan minum kopi harus di hentikan,karena khawatir akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.Dan ada juga yang bertanya,apakah pada bulan romadan atau pada saat puasa tetap boleh menikmati secangkir kopi?

Sebenarnya sama sekali tidak ada larangan untuk tetap meneguk kopi walaupun di bulan suci Ramadhan,yang tidak boleh adalah meneguk kopi di siang hari pada saat berpuasa. Dan kopi tidak akan memberikan efek samping yang dapat mengganggu kesehatan tubuh baik itu di bulan Ramadhan atau pun di hari biasa,selama ativitas minum kopi tersebut dilakukan dengan benar.

Kopi memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh jika di konsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.Jadi tidak ada kaitannya sama sekali antara minum kopi di hari biasa dan pada saat menjalani ibada puasa di bulan suci Ramadha.

Nah,agar supaya aktivitas minum kopi anda tetap berjalan pada saat puasa dan tidak mengganggu ibada puasa anda.Berikut adalah tips-tips minum kopi yang benar,baik dana man untuk kesehatan tubuh,pastinya puasa anda tetap berjalan lancer di siang hari

PANDUAN TEPAT MINUM KOPI KETIKA BULAN SUCI RAMADHAN

1.Minum kopi setelah makan saat buka puka puasa

Pertama anda harus minum kopi setelah makan pada saat buka puasa,jangan sampai meneguk kopi terlebih dahulu ketika buka puasa tiba,sebelum makan berat.Waktu yang tepat untuk minum kopi saat buka puasa adalah 1 jam setelah makan berat.Karena jika anda mengkonsumsi kopi terlebih dahulu ketika buka puasa,khawatir akan memicu masalah pencernaan yang dapat mengganggu ibada puasa anda.Sebaiknya hindari minum kopi sebelum makan ketika buka puasa.

2.Kurangi jumlah atau porsi

Selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah jumlah atau porsi dalam mengkonsumsi kopi,jika pada hari biasa anda minumkopi sebanyak 2-3 atau 4 kali,maka pada saat puasa di bulan Ramadhan cukup minum kopi 1-2 kali saja.Agar supaya tubuh anda tidak terlalu banyak kemasukan kafein yang terdapat pada kofe.

Baca Juga:Wajib tahu! ini dia rahasia meracik kopi yang nikmat ala kafe

3.Hindari gula yang berlebih

Menghindari manis atau pemakaian gula secara berlebihan sangatlah penting bagi kesehatan tubuh,tidak hanya pada saat bulan puasa saja,tapi juga penting menjaga asupan gula yang berlebi pada hari-hari biasa juga.Seperti yang anda ketahui mengkonsumsi gula secara berlebih dapat menaikkan kadar gula,yang dapat menyebabkan diabetes.

Dan pada saat puasa biasanya selalu tersedia hidangan yang manis-manis dari menu minuman hingga makanan,jadi itula mengapa pada saat anda mengkonsumsi kopi sebaiknya hindari penggunaan gula secara berlebih,jika perlu konsumsi kopi tanpa gula akan sangat baik.Supaya gula dara anda tetap terkontrol.

Baca Juga:Mengenal jenis-jenis buah kurma terbaik,cocok disantap saat buka puasa

Baca Juga:Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh

4.Hindari minum kopi kekinian

Pada saat puasa memang sama sekali tidak ada larangan bagi siapapun,dan siapapun saja sah-sah saja jika ingin menyuruput secangkir kopi setelah buka puasa tiba.Akan tetapi perlu anda perhatikan jenis kopi yang anda pilih untuk di minum,pilihlah jenis kopi yang alami,bukan kopi kekinian yang memiliki banyak farina rasa dan topik.

Yang di maksud dengan kopi alami adalah kopi yang murni tidak di campur dengan ini dan itu,benar-benar asli kopi tidak ada campuran bahan lainnya seperti yang terdapat pada kopi kekinian.

5.Jangan minum kopi ketika sahur

Selanjutnya aturan minum kopi yang aman ketika bulan puasa adalah dengan tidak minum kopi ketika sahur,pasalnya mengkonsumsi kopi pada saat sahur akan membuat tubuh mudah dehidrasi yang dapat menguras cairan dalam tubuh keluar menjadi urin,yang dapat membuat tubuh kehilangan cairan banyak.Kehilangan banyak cairan pada saat siang hari ketika berpuasa akan sangat bahaya bagi tubuh,karna seperti yang anda ketahui selama puasa tubuh kita tidak kemasukan mineral selama sehari ful.

Itulah dia cara yang tepat dan aman mengkonsumsi selama bulan puasa agar supaya ibada anda dapat berjalan dengan lancer tanpa hambatan kesehata,sehingga anda dapat menjalani ibada puasa hingga batas waktu akhir puasa.

Akan sangat menyenangkan sekali jika kita menjalani ibada puasa dalam ke adaan sehat bukan dalam dalam ke adaan kesakitan ! Semoga bermanfaat,Terimakasih !