Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 CARA MEMASAK MIE INSTAN YANG SEHAT

 

Mudah dan praktis mie instan merupakan makanan yang paling banyak di gemari oleh banyak masyarakat.Mie instan terkenal dan di klaim sebagai makanan yang kurang sehat,dan memiliki dampak buruk terhadap kesehatan jika di konsumsi secara berlebih dan sering.Karna mie instan adalah makanan yang berbahan tepung terigu dan bebagai minyak nabati.

Dan mie instan juga tidak memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh atau tidak memiliki vitamin yang di butuhkan tubuh seperti,serat,protein,Vitamin C.kalsium,magnesium,dan kalium.

Uniknya mie instan tetap selalu di buru oleh banyak masyarakat sekalipun mie instan merupakan makanan yang tidak sehat.Lalu bagaimana cara mengatasinya? apakah tetap boleh mengkonsumsi mie instan?

mengkonsumsi mie instan terlalu sering dan berelebihan sangatlah tidak dianjurkan.Sebab dibalik lezatnya racikan bumbu yang terdapat pada setiap bungkusan mie instan memiliki kandungan MSG ( monosodium glutamak) dan natrium yang sangat tinggi,yang sangat membahayakan kesehatan tubuh jika terlalu banyak masuk kedalam tubuh,salah satunya adalah dapat memicu tekanan dara tinggi atau hipertensi.

Selain itu mengkonsumsi banyak mie instan akan dapat menimbulkan masalah pencernaan,karna mie instan juga termasuk makanan yang tidak mudah di cerna oleh system pencernaan tubuh.

Namun bagi anda pecinta mie instan tidak perlu khawatir,karna masih ada cara untuk mengkonsumsi mie instan secara sehat dan tidak berdampak buruk kepada kesehatan tubuh,Nah dalam artikel ini akan berbagi tips dan cara memasak atau mengolah mie instan menjadi lebih sehat,memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.





Berikut adalah cara-cara memasak mie instan menjadi makanan yang lebih sehat


1.Tambahkan sayuran

Karna mie instan tidak memiliki kandungan serat sama sekali,anda perlu menambahkan sayur-sayuran apa saja yang anda sukai kedalam olahan mie instan.Dengan begitu anda akan mendapatkan sumber serat dari sayur-mayur yang ditambahkan ke dalam olahan mie instan.Hal ini juga dapat membantu anda yang tidak terlalu menyukai olehan sayuran,karna bisa jadi dengan mencampurkan sayuran ke dalam olahan mie instan rasanya akan berbeda dengan olahan sayur biasa.


2.Tambahkan sumber protein

Selanjutnya anda dapat menambahkan sumber protein ke dalam olahan mie instan yang anda masak atau di olah.Anda dapat memili protein dari berbagai sumber misalnya,dengan menambahkan daging dada ayam,telur dan lain sebagainya.Tapi jika anda memilih daging sebagai sumber protein untuk bahan tambahan olahan mie instan,sebaiknya pilih jenis daging yang tampa lemak,jika daging tersebut adalah daging ayam maka anda harus memasukkan daging ayam saja tanpa kulitnya kedalam olahan mie instan yang anda buat.

Baca Juga : 6 Rahasia meracik kopi ala kafe

Baac Juga :Tips membuat olahan daging sapi menjadi empuk

3.Ganti bumbu mie instan dengan meraciknya sendiri

Cara selanjutnya untuk membuat olahan mie instan yang sehat dengan mengganti atau membuang bumbu bawaan mie instan dan anda dapat meracik bumbu sendiri.Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi,bahwa bumbu mie instan terlalu banyak mengandung MSG yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh,jika di konsumsi terlalu banyak.Oleh karna itula memilih meracik bumbu sendiri di rumah sangat di anjurkan saat membuat hidangan mie instan.


4.Batasi waktu dan juga atur jumlah porsi

Anda juga perlu membatasi mengkonsumsi mie instan. 2 Minggu sekali mengkonsi mie instan merupakan waktu yang sangat di anjurkan.Anda juga perlu membatasi atau mengatur porsinya atau dalam kata lain jangan terlalu banyak dan sering mengkonsumsi mie instan.Mie instan akan membuat sistem pencernaan akan bekerja ekstra jika sudah masuk kedalam tubuh,karna mie instan merupakan makanan jenis olahan.Perlu anda ketahui semua makanan yang berjenis olahan atau yang diolah dengan proses yang panjang,tidak akan mudah di cerna oleh tubuh.

Baca Juga:Macam-macam manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh

5.Jangan komsumsi mie instan dengan nasi

Jika anda sudah memilih mie instan sebagai menu makan malam atau makan siang,sebaiknya jangan lagi mengkonsumsi mie instan dengan nasi.Karna mie instan sendiri sudah termasuk dalam makanan yang berjenis karbo atau mengandung karbo yang bersal dari tepung-tepungan,dan sedangkan nasi juga termasuk karbo.Mengkonsumsi banyak karbohirdrat  juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Karbohidrat memang dibutuhkan oleh tubuh,akan tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsi karbo juga tidak bagus.Pasalnya karbohidra juga mengandung gula.Asupan gula yang berlebihan dalam tubuh akan disimpan menjadi lemak.Dan pada akhirnya akan memicu terjadinya obesitas atau kenaikan bobot badan dan masalah kesehatan lainnya.

Nah,itula beberapa cara dan tips mengolah mie instan menjadi makanan yang lebih sehat.

                                         “SEMOGA BERMANFAAT”