Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS DAN TRIK MENGOLAH DAGING SAPI AGAR EMBPUK

 




Daging sapi merupakan salah satu jenis masakan yang sangat mengguga selera jika sudah hidangan.Dan akan membuat siapapun saja tidak dapat menahan lapar jika sudah melihat hidangan lezat daging sapi di atas meja makan.

Dibalik kelezatan masakan daging sapi yang selalu mengguga selera,proses memasak daging sapi sendiri ternyata tidakla semuda saat menyantapnya.Membutuhkan beberapa tahapan proses agar mendapatkan hasil yang sempurna,salah satunya proses perebusan.

Dalam proses merebus inilah biasanya yang membutuhkan waktu yang cukup lama agar daging sapi benar-benar empuk.Ada juga yang menggunakan alat masak yang dapat mengempukan daging sapi dalam waktu yang sebentar yaitu dengan menggunakan panci presto.Dimana alat masak ini sudah terkenal dapat membuat berbagai macam jenis olahan daging yang super empuk.

Selain dengan merebus menggunakan panci presto,ada cara lain yang dapat membuaat olahan daging sapi anda menjadi empuk.Dan cara ini wajib anda coba agar menu masakan daging anda tidak menjadi alot ketika di santap,sangat di sayangkan sekali jika menu olahan daging lezat anda harus hilang kelezatannya ketika di santap karena tekstur dagingnya yang masih katos dan  alot.Dan cara ini akan sangat membantu anda dalam memasak daging sapi jika anda sendiri tidak memiliki alat masak yang dapat mengempukkan daging yaitu panci presto.


CARA MEMASAK DAGING SAPI YANG EMPUK

1.Balur daging sapi dengan buah nanas

Cara yang pertama yang dapat membuat daging lunak adalah dengan cara membalur daging sapi sebelum di rebus dengan parutan buah nanas.Buah nanas yang mengandung enzim terbukti dapat melunakkan daging sapi.

Caranya adalah parut terlebih dahulu buah nanas seperti hendak membuat slai nanas,lalu balurkan ke seluru daging sapi sampai rata,lalu diamkan beberapa menit saja,kemudian rebus daging sapi hingga matang dan empuk.

2.Gunakan daun pepaya

Selain dengan menggunakan buah nanas anda juga dapat menggunakan daun papaya untuk membuat olahan daging anda menjadi empuk,tidak hanya buahnya yang memilki banyak khasiat tapi daun papaya juga memiliki khasiat banyak.Salah satunya adalah untuk melunakkan daging sapi.

Cara menggunkan daun papaya untuk membuat daging empuk,anda cukup membungkus semua daging yang hendak di masak dengan daun papaya,biarkan sekita 20-30 menit saja,lalu buka bungkusan daun papaya kemudian rebus daging hingga empuk dan matang.Dan pastikan semua daging terbungkus rata oleh daun pepaya.

3.Potong daging dengan cara meyerong

Cara selanjutnya adalah agar daging menjadi empuk anda harus memperhatikan cara memotong daging yang benar,karena dengan cara memotong daging yang benar dapat membuat olahan daging sapi yang empuk tidak alot.Cara memotong daging adalah dengan cara memotong menyerong melawan arah serat daging,jangan potong daging searah dengan serat.Memotong dangin dengan cara tesebut akan membuat daging lebih mudah empuk.

Selain dengan cara-cara di atas untuk membuat olahan daging sapi yang super empuk,anda juga perlu memperhatikan tehnik merebus daging sapi,jangan asal merebus.tehnik merebus daging yang benar adalah dengan merebus air terlebih dahulu sampai benar-benar mendidih,jika sudah mendidih masukkan daging sapi yang sudah melalui tahapan cara di atas tadi,lalu tutup panci jangan membuka bukanya.

Untuk ukuran waktu anda bisa merebus daging selama 30-40 menit,atau anda juga bisa sesekali mengecek kematengan daging.Setelah anda membuka penutup panci anda harus segera menutup kembali penutup panci dengan rapat agar uap tidak keluar.Karena uap air yang mendidih juga dapat membuat daging menjadi empuk selama perebusan.

Jika daging sapi sudah matang matikan kompor namun jangan terburu-buru membuka penutup panci,biarkan daging terendam didalam panci kurang lebih 10 menit dengan panci yang masih tertutup,setelah itu barulah anda boleh mengangkatnya,dan mengolahnya menjadi hidangan yang lezat. Semoga cara dan trik di atas dapat membantu anda dalam membuat hidangan daging sapi yang lezat !