Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dan Cara Mengatasi Mabuk Saat Perjalanan Jauh,wajib dicoba

 




Melakukan perjalanan jauh merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan,namun aktivitas ini dapat terhambat dan tergangggu karna adanya berbagai macam masalah yaitu mabuk dan perut kembung karna masuk angin.Masalah ini sangat umum terjadi kepada seseorang yang sedang melakukan perjalanan jauh termasuk saya sendiri juga perna mengalami hal tersebut.

Walaupun merupakan hal yang wajar dan lumrah terjadi,namun tetap saja serangan mabuk perjalanan tidak bisa dibiarkan begitu saja dan di anggap remeh,karena hal ini dapat mengganggu kenyamanan saat dalam perjalanan.Tidak hanya itu saja mabuk perjalanan juga dapat membuat tubuh kita menjadi lemas dan lesuh,karna mabuk perjalanan ini dapat berujung muntah jika tidak segera di atasi.Dan mabuk perjalanan ini dapat menimpa siapapun saja baik itu anak kecil,dan orang dewasa ataupun lansia.

Ada berbagai macam factor yang dapat memicu terjadinya mabuk saat perjalanan jauh,salah satunya adalah rasa khawatir atau perasaan yang resah dan gelisa,sehingga membuat tubuh kita tidak relax dan santai saat dalam perjalaan.

Dan ada juga yang disebabkan oleh alat transportasi tertentu,seperti misalnya saya, yang mana saya sendiri akan mengalami mabuk saat melakukan perjalanan jauh jika saya menggunakan transportasi seperti mobil,bus,kapal verry.Itula sebabnya dulu saya selalu berpergian menggunakan motor saja,yang lebih nyaman menurut saya sendiri dan untuk saya pribadi tentunya,ya walaupun banyak tangtangannya hehe.

Nah bagi anda yang sering mengalami mabuk saat perjalanan,baik itu perjalanan travelling, mudik dan lain sebagainya.Saya akan berbagi tips mengatasi mabuk perjalanan agar tidak berkelanjutan yang dapat menyebabkan muntah.Yang mana tips dan cara ini sudah sering saya lakukan setiap kali berpergian.

Selain itu anda juga harus tau tanda-tanda atau gejala akan terjadinya mabuk perjalanan pada diri anda, dan gejala ini memang sudah umum terjadi ketika seseorang mengalami mabuk perjalan, salah satunya adalah dengan adanya tanda-tanda perut terasa nyeri,pusing,semakin tinggi rasa gelisa,keringat dingin,produksi air liur lebih banyak atau selalu ingin meluda,mual yang pada akhirnya akan terjadi muntah.

Untuk mengatasinya ataupun mencegahnya berikut adalah beberapa cara dan tips yang dapat anda terapkan.

Cara Atasi Mabuk Saat Melakukan Perjalanan Jauh


1.Hindari membaca atau bermain Hp saat perjalanan

Saat perjalanan berlanjut sebaiknya anda tidak dalam sedang memabaca buku atau bermain Hp,kegiatan ini sah-sah saja dilakukan apabila anda bukanlah termasuk orang yang mudah mabuk saat melakukan perjalanan jauh.Karna sesuai pengalaman saya,yang mana rasa pusing saya semakin bertambah jika saya melakukan aktivitas membaca buku atau bermain Hp.

2.Jangan makan secara berlebihan sebelum dan pada saat perjalan

Mengisi perut sebelum melakukan perjalanan jauh sebenarnya tidak ada masalah,yang penting jangan terlalu banyak atau terlalu kenyang.Perut yang terlalu kenyang akan lebih muda memicu terjadinya muntah yang disebabkan karna mabuk.

3.Perbanyak minum air putih

Jika anda sudah mulai tidak nyaman pada saat perjalanan atau anda sudah mulai merasakan tanda-tandanya mabuk,sebaiknya segerala perbanyak minum air putih.Dan jangan mengkonsumsi minuman yang terdapat rasa-rasa,karna air putih jauh lebih efektif mencega atau mengatasi terjadi mabuk perjalanan..

4.Minum teh hangat

Mengkonsumsi teh hangat juga dapat mengatasi atau mencega terjadinya mabuk.Saya sendiri dulu juga sering dan selalu memilih minuman teh hangat jika hendak berpergian jauh,dan mengkonsumsi teh hangat juga saya lakukan ketika saya sudah merasa mual dan pusing atau tanda-tanda akan terjadinya mabuk,dan hasilnya pun juga sangat efektif

5.Makan makanan ringan alias nyemil

Cara yang satu ini juga sering saya lakukan,bahkan sekalipun saya tidak mengalami mabuk saat berpergian.Dan ternyata cara ini juga banyak dilakukan oleh banyak orang diluar sana.Dan jika anda bertanya,mengapa dengan ngemil dapat mengatasi mabuk? saya tidak punya jawaban yang dapat menjelaskan begini-begitu.Tapi1 hal yang saya rasakan pada saat ngemil ketika mabuk,yaitu tubuh dan fikiran saya terasa lebih relax dan enjoy alias tenang,sehingga rasa khawatir dan gelisa yang menjadi penyebab mabuk itu secara tiba-tiba hilang.Nah jika menurut anda cara yang satu ini tidak masuk akal anda juga boleh memilih cara lain yang terdapat pada artikel,yang mana menurut sampean lebih efektif dan masuk akal.

6.Menggunakan minyak kayu putih

Cara ini sudah sering dilakukan oleh banyak orang termasuk saya sendiri,untuk mencega dan mengatasi terjadinya mabuk pada saat perjalanan jauh dengan cara mengoleskannya minyak kayu putih ke area perut,atau bisa juga menghirupnya.Tidak hanya itu rasa hangat dan aroma minyak kayu putih juga dapat mengatasi perut kembung saat perjalanan jauh.

7.Tidur atau sedikit memosisikan tubuh agak rebahan

Cara yang satu ini sih tidak perna saya lakukan,karna saya adalah salah satu orang yang tidak bisa tidur pada saat perjalanan jauh dan jika ditanyakan ,kenapa ? saya tidak punya jawabannya karna sendiri juga tidak tahu hehe,terkecuali setelah saya mengkonsusumsi obat-obatan seperti obat sakit kepala dan lain sebagainya, yang mengandung obat tidur didalaamnya,atau mata saya sudah 100% sudah benar-benar lelah,sehingga tanpa saya sadari saya bisa langsung terlelap.Tapi walaupun begitu cara yang satu ini juga banyak diterapkan oleh banyak orang sebagai obat mengatasi mabuk.

7.Makan permen

Dengan mengkonsumsi permen saat berpergian menurut saya juga merupakan cara yang efektif,karna selain saya juga ada beberapa orang yang saya kenal dan juga sering mengalami hal serupa dengan saya saat berpergian,mereka juga mengkonsumsi permen sebagai cara mengatasi mabuk saat perjalanan jauh.

8.Menghirup aroma jeruk

Aroma jeruk yang segar juga dapat mengatasi terjadinya mabuk,dan jika perlu anda juga dapat mengkonsumsi buahnya langsung.Tidak hanya saya saja yang menerapkan cara ini setiap kali berpergian jauh,tapi diluar sana juga banyak sekali orang yang menggunakan aroma jeruk sebagai obat anti mabuk.

9.Duduk di kursi depan atau samping jendela

Cara selanjutnya yang biasa saya lakukan adalah dengan memilih posisi duduk di kursi bagian depan atau kursi disamping jendela kaca mobil atau bis.Karna menurut saya sendiri dengan duduk dibagian paling depan atau dekat jendela,kita akan lebih leluasa melihat pemandangan diluar sana,sehingga membuat fikiran kita sedikit relax dan santai.Dan apabila anda menaiki mobil pribadi sebagai alat transportasi anda juga dapat membuka sedikit jendela kaca mobil anda,agar supaya angin alami yang segar dapat masuk kedalam mobil,biasanya sih angin di jalanan akan terasa segar dan sejuk apalagi jika sepanjang jalan terdapat pepohonan yang rindang.

10.Naik ke dek paling atas

Jika anda mengalami mabuk perjalanan pada saat menaiki kapal very atau kapal laut,anda bisa memilih dek paling atas untuk tempat istirahat,karna disana anda akan merasakan segarnya angin pantai yang dapat merefres fikiran anda menjadi lebih relax,selain itu anda juga dapat melihat pemandangan pantai yang indah dengan lebih luas dan jelas.Tapi jika terjadi gelombang tinggi atau anginnya terlalu kencang memilih untuk tidur dikabin kapal adalah pilihan yang efektif untuk mencega terjadinya mabuk yang lebih para.

Itulah uraian informasi tentang beberapa cara dan tips yang dapat membantu anda dalam mengatasi ataupun mencegah mabuk saat melakukan perjalanan jauh sesuai pengalaman saya pribadi.Semoga bermanfaat dan terimakasih !